KATA
PENGANTAR
Puji Syukur kami
panjatkan ke-hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat rahmat dan
karuniaNyalah, Makalah ini dapat terselesaikan dengan baik, tepat pada waktunya
Adapun tujuan penulisan makalah ini adalah untuk memenuhi Tugas Mata pelajaran Kewirausahaan, pada semester II, di tahun ajaran 2015. Dengan
membuat tugas ini kami diharapkan mampu untuk lebih memahami tentang materi Misi Perusahaan
Kami sadar, sebagai
seorang pelajar yang masih dalam proses pembelajaran, penulisan makalah ini
masih banyak kekurangannya. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan adanya
kritik dan saran yang bersifat positif, guna penulisan karya ilmiah yang lebih
baik lagi di masa yang akan datang.
Harapan kami, semoga
makalah yang sederhana ini, dapat memberi manfaat dan pemahaman yang lebih
jelas lagi bagi kita semua.
Karangasem,
Penulis
DAFTAR ISI
Kata Pengantar ................................................................................................................. i
Daftar Isi ........................................................................................................................... ii
Bab I Pendahuluan
1.1 Latar belakang .......................................................................................................... 1
1.2 Rumusan masalah...................................................................................................... 1
1.3 Tujuan ....................................................................................................................... 1
Bab II Pembahasan
2.1 Pengertian dari Misi................................................................................................... 2
2.2 Unsur-unsur pokok yang terdapat dalam sebuah
Misi.............................................. 2
2.3 Hal yang perlu diperhatikan dalam merumuskan
Misi..............................................
2.4
Kriteria yang diperlukan untuk merumuskan Misi....................................................
Bab III Penutup
3.1 Simpulan ...................................................................................................................
Daftar Pustaka
BAB I
(PENDAHULUAN)
1.1 Latar Belakang
Bagi
perusahaan yang sedang mengembangkan sebuah bisnis baru atau sedang merumuskan
kembali arah bagi bisnis yang sedang berjalan, perlu menentukan tujuan mendasar
dan falsafah yang akan membentuk postur strategisnya. Tujuan mendasar yang
membedakan sebuah perusahaan dari perusahaan-perusahaan lainnya yang sejenis,
serta mengidentifi-kasikan ruang lingkup operasinya yang berkenaan dengan
produk dan pasar disebut sebagai misi perusahaan. Secara eksplisit Pearce II dan
Robinson Jr. (1997:18) mengemu-kakan definisi tentang misi perusahaan yaitu
sebagai berikut :
The mission describes the company’s product, market, and technological
areas of emphasis in a way that reflects the values and priorities of the strategic
decision makers.
Pada hakikatnya tidak terdapat suatu
paksaan atau kewajiban bagi perusahaan untuk menetapkan misinya. Disamping
proses penetap-an suatu misi banyak memerlukan waktu serta sering membosankan
pihak-pihak yang terlibat di dalamnya, misi juga mengandung uraian yang luas
mengenai tujuan dan strategi ketimbang arahan atau petunjuk khusus. Dalam
ungkapan yang khas, misi merupakan sebuah pernyataan, bukan sasaran-sasaran
yang terukur, akan tetapi merupa-kan pernyataan tentang sikap, pandangan, dan
orientasi.
1.2 Rumusan Masalah
2.1 Apa pengertian dari Misi ?
2.2 Unsur-unsur pokok apa saja yang terdapat dalam
sebuah Misi ?
2.3 Hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam
merumuskan Misi ?
2.4 Kriteria apa saja
yang diperlukan untuk merumuskan Misi ?
1.3 Tujuan
1. Untuk mengetahui
pengertian dari Misi!
2. Untuk mengetahui unsur-unsur
pokok apa saja yang terdapat dalam sebuah Misi!
3. Untuk mengetahui hal
apa saja yang perlu diperhatikan dalam merumuskan Misi!
4. Untuk mengetahui kriteria
apa saja yang diperlukan untuk merumuskan Misi!
BAB II
(PEMBAHASAN)
2.1. Pengertian
misi
Misi adalah kegiatan atau aktifitas yang mengarahkan
perusahaan Anda pada tujuan yang menjadi impian perusahaan tersebut. Jadi bisa
dikatakan bahwa misi adalah kegiatan atau aktivitas yang dilakukan untuk
mendukung perusahaan hingga mencapai tujuannnya. Contoh misi PT. Khalifah Niaga
Lantabura : menciptakan para pengusaha
Indonesia yang
berkarakter, membantu menyediakan berbagai prospektus bisnis berkualitas dan
tepat guna, menciptakan inovasi bagi dunia bisnis, menciptakan jaringan bisnis, menciptakan lapangan
kerja, sehingga kemandirian ekonomi bangsa dapat terwujud.
Misi perusahaan adalah tindakan untuk mewujudkan visi
perusahaan, setiap organisasi perusahaan harus mempunyai misi yang jelas
arahnya. Misi perusahaan akan menjelaskan mengapa perusahaan itu harus ada dan
apa yang dilakukan serta bagaimana cara melakukannya.
·
Dalam
misi terkandung hal-hal sebagai berikut :
a. Tujuan dan
alasan keberadaan suatu organisasi
b. Tindakan dan
langkah-langkah yang harus dilakukan
c. Alasan bisnis
Anda harus berkembang
d. Cara
mewujudkan tujuan
2.2 Unsur-unsur pokok sebuah misi adalah sebagai berikut
:
a. Kiat
dan usaha untuk mewujudakan visi
b. Nilai-nilai
dasar organisasi yang dinyatakan dalam misi organisasi.
c. Segmen
pasar dan pelanggan.
d. Pernyataan tentang
produk atau jasa yang di masuki (dijualnya).
e. Keyakinan
yang kuat, asumsi-asumsi dan budaya kerja dengan orientasi mutu.
f. Pernyataan
strategis jangka panjang dan jangja pendek.
· Misi akan efektif bila
bersifat :
a.
Ringkas dan jelas.
Mudah
di pahami, gampang di ingat, menyatakan bidang spesifikasi secara jelas.
b.
Unik.
Harus
ada unsur pembeda agar tidak sama dengan
yang sudah ada
c.
Fleksibel.
Misi
memiliki ketegasan sekaligus fleksible agar sesuai dengan perkembangan zaman.
d.
Bisa membantu untuk mengambil keputusan.
Misi juga menjadi pegangan kerja, arah kebijakan
perusahaan dalam operasionalnya sehingga bisa membantu manajer, pimpinan atau
orang yang ada didalamnya untuk mengambil keputusan.
e.
Budaya perusahaan.
Misi harus membentuk unsur pembentuk etos kerja,
motivasi, semangat kerja dan juga budaya kerja shingga mengandung niali-nilai
yang harus di angkat dan menjadi ciri-ciri perusahaan yang di pegang
teguh oleh karyawannya.
f.
Memberikan inspirasi.
2.3 Hal
yang perlu diperhatikan dalam merumuskan misi
- Pernyataan
misi harus menunjukkan secara jelas mengenai apa yang hendak dicapai oleh
perusahaan
- Rumusan
misi selalu dalam bentuk kalimat yang menunjukkan “tindakan” dan bukan kalimat
yang menunjukkan “keadaan” sebagaimana pada rumusan visi.
- Satu
indikator visi dapat dirumuskan lebih dari satu rumusan misi. Antara
indikator visi dengan rumusan misi harus ada keterkaitan
- Misi
menggambarkan tentang produk atau pelayanan yang akan diberikan pada
masyarakat.
- Kualitas
produk atau layanan yang ditawarkan harus memiliki daya saing yang tinggi,
namun disesuaikan dengan kondisi perusahaan.
- Produk/jasa
apa yang dihasilkan dan akan ditawarkan kepada konsumen.
- Produk dan pelayanan jasa yang dibutuhkan masyarakat dan masyarakat yang akan dilayani.
2.4 Kriteria untuk merumuskan misi
·
Menunjukkan
secara jelas mengenai apa yang hendak dicapai oleh organisasi dan bidang
kegiatan utama dari organisasi yang bersangkutan.
·
Secara
eksplisit mengandung apa yang harus dilakukan untuk mencapainya.
·
Mengundang
partisipasi masyarakat luas terhadap perkembangan bidang utama yang digeluti
organisasi.
BAB III
3.1 Simpulan
Dari uraian makalah di atas dapat disimpulkan beberapa hal
sebagai berikut :
1.
Misi adalah kegiatan atau aktifitas yang mengarahkan
perusahaan pada tujuan yang menjadi impian perusahaan tersebut
2. Misi perusahaan adalah
tindakan untuk mewujudkan visi perusahaan, setiap organisasi perusahaan harus
mempunyai misi yang jelas arahnya
3. Misi akan efektif bila bersifat
: Ringkas
dan jelas, Unik, Fleksibel, Bisa
membantu untuk mengambil keputusan, Budaya
perusahaan, Memberikan inspirasi
4. Ada 3 Kriteria untuk merumuskan misi yaitu : 1). Menunjukkan secara
jelas mengenai apa yang hendak dicapai oleh organisasi dan bidang kegiatan
utama dari organisasi yang bersangkutan. 2).Secara
eksplisit mengandung apa yang harus dilakukan untuk mencapainya. 3). Mengundang partisipasi masyarakat luas terhadap
perkembangan bidang utama yang digeluti organisasi.
5. Hal-hal yang menjadi inti dalam pembuatan sebuah misi
yaitu :
Tujuan
dan alasan keberadaan suatu organisasi,
tindakan dan langkah-langkah yang harus dilakukan, alasan bisnis yang harus di kembangkan, Cara mewujudkan tujuan
DAFTAR PUSTAKA
0 komentar:
Posting Komentar