300x250 AD TOP

Kamis, 14 Mei 2015

Tagged under: ,

MAKALAH MISI KEWIRAUSAHAAN

KATA PENGANTAR
  
Puji Syukur kami panjatkan ke-hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat rahmat dan karuniaNyalah, Makalah ini dapat terselesaikan dengan baik, tepat pada waktunya Adapun tujuan penulisan makalah ini adalah untuk memenuhi Tugas Mata pelajaran Kewirausahaan, pada semester II, di tahun ajaran 2015. Dengan membuat tugas ini kami diharapkan mampu untuk lebih memahami tentang materi Misi Perusahaan
Kami sadar, sebagai seorang pelajar yang masih dalam proses pembelajaran, penulisan makalah ini masih banyak kekurangannya. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan adanya kritik dan saran yang bersifat positif, guna penulisan karya ilmiah yang lebih baik lagi di masa yang akan datang.
Harapan kami, semoga makalah yang sederhana ini, dapat memberi manfaat dan pemahaman yang lebih jelas lagi bagi kita semua.



Karangasem,


Penulis 


DAFTAR ISI



Kata Pengantar ................................................................................................................. i
Daftar Isi ........................................................................................................................... ii
Bab I Pendahuluan
    1.1 Latar belakang .......................................................................................................... 1
    1.2 Rumusan masalah...................................................................................................... 1
    1.3 Tujuan ....................................................................................................................... 1
Bab II Pembahasan
    2.1 Pengertian dari Misi................................................................................................... 2
    2.2 Unsur-unsur pokok yang terdapat dalam sebuah Misi..............................................  2
    2.3 Hal yang perlu diperhatikan dalam merumuskan Misi..............................................  
    2.4 Kriteria yang diperlukan untuk merumuskan Misi....................................................
Bab III Penutup
    3.1 Simpulan ...................................................................................................................
Daftar Pustaka

BAB I
(PENDAHULUAN)


1.1  Latar Belakang
Bagi perusahaan yang sedang mengembangkan sebuah bisnis baru atau sedang merumuskan kembali arah bagi bisnis yang sedang berjalan, perlu menentukan tujuan mendasar dan falsafah yang akan membentuk postur strategisnya. Tujuan mendasar yang membedakan sebuah perusahaan dari perusahaan-perusahaan lainnya yang sejenis, serta mengidentifi-kasikan ruang lingkup operasinya yang berkenaan dengan produk dan pasar disebut sebagai misi perusahaan. Secara eksplisit Pearce II dan Robinson Jr. (1997:18) mengemu-kakan definisi tentang misi perusahaan yaitu sebagai berikut   : 
The mission describes the company’s product, market, and technological areas of emphasis in a way that reflects the values and priorities of the strategic decision makers.
Pada hakikatnya tidak terdapat suatu paksaan atau kewajiban bagi perusahaan untuk menetapkan misinya. Disamping proses penetap-an suatu misi banyak memerlukan waktu serta sering membosankan pihak-pihak yang terlibat di dalamnya, misi juga mengandung uraian yang luas mengenai tujuan dan strategi ketimbang arahan atau petunjuk khusus. Dalam ungkapan yang khas, misi merupakan sebuah pernyataan, bukan sasaran-sasaran yang terukur, akan tetapi merupa-kan pernyataan tentang sikap, pandangan, dan orientasi.
1.2  Rumusan Masalah
2.1 Apa pengertian dari Misi ?
2.2 Unsur-unsur pokok apa saja yang terdapat dalam sebuah Misi ?
2.3 Hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam merumuskan Misi ?
2.4 Kriteria apa saja yang diperlukan untuk merumuskan Misi ?

1.3  Tujuan
   1.      Untuk mengetahui pengertian dari Misi!
   2.      Untuk mengetahui unsur-unsur pokok apa saja yang terdapat dalam sebuah Misi!
   3.      Untuk mengetahui hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam merumuskan Misi!  
   4.      Untuk mengetahui kriteria apa saja yang diperlukan untuk merumuskan Misi!

BAB II
(PEMBAHASAN)
                                      
2.1. Pengertian misi

      Misi adalah kegiatan atau aktifitas yang mengarahkan perusahaan Anda pada tujuan yang menjadi impian perusahaan tersebut. Jadi bisa dikatakan bahwa misi adalah kegiatan atau aktivitas yang dilakukan untuk mendukung perusahaan hingga mencapai tujuannnya. Contoh misi PT. Khalifah Niaga Lantabura : menciptakan para pengusaha Indonesia yang berkarakter, membantu menyediakan berbagai prospektus bisnis berkualitas dan tepat guna, menciptakan inovasi bagi dunia bisnis, menciptakan jaringan bisnis, menciptakan lapangan kerja, sehingga kemandirian ekonomi bangsa dapat terwujud.
Misi perusahaan adalah tindakan untuk mewujudkan visi perusahaan, setiap organisasi perusahaan harus mempunyai misi yang jelas arahnya. Misi perusahaan akan menjelaskan mengapa perusahaan itu harus ada dan apa yang dilakukan serta bagaimana cara melakukannya.
·         Dalam misi terkandung hal-hal sebagai berikut  :
a.    Tujuan dan alasan keberadaan suatu organisasi
b.    Tindakan dan langkah-langkah yang harus dilakukan
c.    Alasan bisnis Anda harus berkembang
d.    Cara mewujudkan tujuan
2.2    Unsur-unsur pokok sebuah misi adalah sebagai berikut :
a.  Kiat dan usaha untuk mewujudakan visi
b.  Nilai-nilai dasar organisasi yang dinyatakan dalam misi organisasi.
c.  Segmen pasar dan pelanggan.
d.   Pernyataan tentang produk atau jasa yang di masuki (dijualnya).
e.   Keyakinan yang kuat, asumsi-asumsi dan budaya kerja dengan orientasi mutu.
f.   Pernyataan strategis jangka panjang dan jangja pendek.
·   Misi akan efektif bila bersifat :
a.    Ringkas dan jelas.
Mudah di pahami, gampang di ingat, menyatakan bidang spesifikasi secara jelas.
b.    Unik.
Harus ada unsur pembeda agar tidak sama dengan yang sudah ada
c.    Fleksibel.
Misi memiliki ketegasan sekaligus fleksible agar sesuai dengan perkembangan zaman.
d.    Bisa membantu untuk mengambil keputusan.
Misi juga menjadi pegangan kerja, arah kebijakan perusahaan dalam operasionalnya sehingga bisa membantu manajer, pimpinan atau orang yang ada didalamnya untuk mengambil keputusan.
e.    Budaya perusahaan.
Misi harus membentuk unsur pembentuk etos kerja, motivasi, semangat kerja dan juga budaya kerja shingga mengandung niali-nilai yang  harus di angkat dan menjadi ciri-ciri perusahaan yang di pegang teguh oleh karyawannya.
f.     Memberikan inspirasi.

2.3  Hal yang perlu diperhatikan dalam merumuskan misi
  • Pernyataan misi harus menunjukkan secara jelas mengenai apa yang hendak dicapai oleh perusahaan
  • Rumusan misi selalu dalam bentuk kalimat yang menunjukkan “tindakan” dan bukan kalimat yang menunjukkan “keadaan” sebagaimana pada rumusan visi.
  • Satu indikator visi dapat dirumuskan lebih dari satu rumusan misi. Antara indikator visi dengan rumusan misi harus ada keterkaitan
  • Misi menggambarkan tentang produk atau pelayanan yang akan diberikan pada masyarakat.
  • Kualitas produk atau layanan yang ditawarkan harus memiliki daya saing yang tinggi, namun disesuaikan dengan kondisi perusahaan.
  • Produk/jasa apa yang dihasilkan dan akan ditawarkan kepada konsumen.
  • Produk dan pelayanan jasa yang dibutuhkan masyarakat dan masyarakat  yang akan dilayani.
2.4  Kriteria untuk merumuskan misi
·         Menunjukkan secara jelas mengenai apa yang hendak dicapai oleh organisasi dan bidang kegiatan utama dari organisasi yang bersangkutan.
·         Secara eksplisit mengandung apa yang harus dilakukan untuk mencapainya.
·         Mengundang partisipasi masyarakat luas terhadap perkembangan bidang utama yang digeluti organisasi.
 BAB III

3.1 Simpulan
Dari uraian makalah di atas dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut  :
1.  Misi adalah kegiatan atau aktifitas yang mengarahkan perusahaan pada tujuan yang menjadi impian perusahaan tersebut
2. Misi perusahaan adalah tindakan untuk mewujudkan visi perusahaan, setiap organisasi perusahaan harus mempunyai misi yang jelas arahnya
3. Misi akan efektif bila bersifat : Ringkas dan jelas, Unik, Fleksibel, Bisa membantu untuk mengambil keputusan, Budaya perusahaan, Memberikan inspirasi
4. Ada 3 Kriteria untuk merumuskan misi yaitu : 1). Menunjukkan secara jelas mengenai apa yang hendak dicapai oleh organisasi dan bidang kegiatan utama dari organisasi yang bersangkutan. 2).Secara eksplisit mengandung apa yang harus dilakukan untuk mencapainya. 3). Mengundang partisipasi masyarakat luas terhadap perkembangan bidang utama yang digeluti organisasi.
5. Hal-hal yang menjadi inti dalam pembuatan sebuah misi yaitu : Tujuan dan alasan keberadaan suatu organisasi, tindakan dan langkah-langkah yang harus dilakukan, alasan bisnis yang harus di kembangkan, Cara mewujudkan tujuan

DAFTAR PUSTAKA






0 komentar:

Posting Komentar