300x250 AD TOP

Kamis, 09 April 2015

Tagged under: , ,

PRE PRODUCTION

Alir proses produksi produk multimedia

  •  Proses produksi ini terdiri dari 3 sub-proses yaitu Pre-Production, Production dan Post- Production.
  • Proses Pre-Production

Pada prinsipnya proses ini meliputi proses penuangan ide (proposal) produk, perencanaan produk, perencanaan proses produksi, penyusunan dokumentasi, penyusunan tim, membangun prototip, pengurusan hak cipta dan penandatangan kontrak dan pembiayaan. Proses ini terdiri dari pembuatan content multimedia yang diperlukan, pemrosesan content, pembuatan program/software yang diperlukan, mengintegrasikan content dan software, merevisi design membangun Apha version (hampir semua fungsi produk sudah dibangun diimplementasikan dan diintegrasikan), pengujian awal produk, mengevaluasi produk dan merevisi software dan content berdasarkan pada hasil evaluasi, dan membangun Beta version (semua fungsi produk sudah dibangun diimplementasikan dan diintegrasikan tetapi belum diuji secara lengkap).
·        Content Creation/ Ciptaan Isi
Maksudnya dalam hal ini dalam proses produksi,  jadi semua ciptaan kreasi yang ditampilkan perlu adanya kreativitas tinggi untuk menciptakan sebuah isi ciptaan yang sesuai dengan yang telah di konsep sebelumnya. Multimedia content production penggunaan dan pemrosesan beberapa media (text, audio, grafik, video, animasi dan interactivity) yang berbeda untuk menyampaikan informasi atau menghasilkan produk multimedia (music, video, film, game, entertainment, dll). Integration of content and software adalah proses penggabungan yang saling terkait dari beberapa media dengan bantuan perangkat lunak untuk menghasilkan produk multimedia.

·     Beberapa media yang digunakan dalam multimedia content production :
- Media teks                      : Swish Max
- Media Audio                   : Adobe Audition
- Media Video                   : Vegas, Pinnacle
- Media Animasi               : Flash Mx 3D Max
- Media Image                   : Corel Draw, Adobe Photoshop
- Media Interactivity          : Adobe Macromedia Director
- Media Special Efect         : Adobe lighter

·         Struktur / isi program ?
- Isi program dapat berupa pesan khusus, data, gambar, grafik,, video, atau informasi lain
- Isi program dirancang oleh content specialist untuk diberikan kepada multimedia architect
  • Multimedia Content Production
  • Multimedia yang menggunakan penggabungan beberapa media yang berbeda untuk menghasilkan produk multimedia (musik, film, game , entertainment, dll). Multimedia Content Production memicu munculnya penyedia konten, pelaku bisnis hiburan digital, dan menyediakan lapangan kerja yang luas dalam industry kreatif.

0 komentar:

Posting Komentar